Rabu, 18 April 2018

Pendaftaran SBMPTN TAHUN INI

Pendaftaran SBMPTN 2018
Pendaftaran SBMPTN 2018
Siswa yang ingin mengikuti SBMPTN dengan metode UTBK, pendaftaran sudah dapat dilakukan sejak Rabu hari ini, 18 April pukul 00.01 WIB sampai 27 April.


Pengumuman SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 telah disiarkan sejak Selasa, 17 April, pukul 17.00 WIB melalui laman pengumuman.snmptn.ac.id. Sebanyak 110.946 siswa dari 586.155 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia. 

Siswa yang belum diterima masuk di perguruan tinggi negeri pilihannya melalui jalur SNMPTN dapat mencoba alternatif lain melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. 
Pendaftaran SBMPTN 2018 ini sudah dibuka sejak 5 April lalu sampai 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Peserta dapat mengakses laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ untuk mendaftar online
Selain menyediakan model ujian tulis berbasis cetak (UTBC), panitia SBMPTN 2018 juga membuka bentuk ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Bagi peserta ingin mengikuti SBMPTN dengan metode UTBK, pendaftaran sudah dapat dilakukan sejak Rabu hari ini, 18 April pukul 00.01 WIB sampai 27 April.
Jika memilih BMPTN 2018 dengan UTBK, panitia menyediakan dua pilihan medium ujian. Pertama, peserta dapat memilih UTBK menggunakan desktop (PC) yang disediakan panitia. 
Kedua, berupa perangkat bergerak seperti handphone atau tablet berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta dapat juga dipakai untuk UTBK SBMPTN 2018

Ujian SBMPTN 2018, baik UTBC maupun UTBK akan diselenggarakan serentak pada Selasa, 8 Mei. Panitia menerangkan, UTBK menggunakan Android hanya dilaksanakan di Panlok Bandung dengan jumlah sangat terbatas. 

“Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi,” demikian penjelasan panitia SBMPTN 2018 dalam laman resminya. 

Setelahnya, hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id. 

Cara Mendaftar Online SBMPTN 2018


Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan lewat laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, pilih Menu A untuk mendapatkan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran yang berlaku selama 3 x 24 jam. Adapun biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000. 

Setelah mendapat KAP dan PIN, peserta harus mengakses halaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan pilih Menu B. Ini untuk melanjutkan proses dan mengisi form pendaftaran. Adapun prosedurnya adala sebagai berikut.

  • Masukkan kode KAP dan PIN yang telah dicetak sebelumnya pada proses Menu A dan captcha, dan kemudian klik login.
  • Masuk ke halaman Pendaftaran SBMPTN 2018.
  • Upload Pasfoto. Pasfoto yang dimasukkan harus memenuhi persyaratan berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 pixel x 600 pixel (kurang lebih 250 dpi) dalam format JPG atau PNG. Ukuran file pasfoto tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Jika pasfoto sudah memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN 2018 maka kemudian klik Simpan.
  • Lalu, isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol Simpan.
  • Calon peserta kemudian mengisi Form Pendidikan dengan data yang sebenar-benarnya lalu klik Simpan.
  • Langkah berikutnya, siswa mengisi Form Pilihan Prodi dan Lokasi Ujian, kemudian klik tombol Simpan. Tahapannya sebagai berikut: (a) pilih tempat Anda mengikuti ujian; (b) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 1; (c) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 2; (d) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 3.

Tirto memberi bantuan panduan bagi para pendaftar untuk memilih program studi di PTN seluruh Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai kebutuhan pertimbangan baik lokasi PTN berdasarkan provinsi, prodi di salah satu PTN, maupun perbandingan prodi di dua PTN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar